Beranda

Kamis, 17 November 2011

Bangkitkan Ekonomi Indonesia Dengan UKM


  
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kini masih dianggap sebagai ‘warga kelas dua’. Dianggap kurang bergengsi dan masih dipandang sebelah mata oleh perbankan. Padahal di tangan UKM inilah perekonomian Indonesia bisa tahan banting menghadapi krisis. Bagaimana sebenarnya perkembangan UKM di Indonesia dan prospeknya ke depan? Apa saja yang harus dilakukan oleh para pengusaha UKM? Berikut wawancara dengan Nining Soesilo, Direktur UKM Center FEUI di kediamannya, kawasan Panglima Polim, Jakarta. Nining merupakan kakak dari mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang kini menjadi Managing Director di Bank Dunia.
Bisa ceritakan sedikit soal UKM Center FEUI?
UKM center UI ini umurnya paling muda di FEUI, yang paling tua kan LPEM. LPEM berdiri 1953 didirikan pak Soemitro Djojohadikusumo. Itu tempat berkumpulnya dosen-dosen ilmu ekonomi. Yang nomor dua tertua itu lembaga manajemen, kemudian nomor tiga lembaga demografi. UKM Center yang paling muda usianya baru 4 tahun, baru berdiri 2005.
Atas usulan siapa?
Dari usulan dekan. Sejarahnya UI kan fakultasnya duluan sebelum universitasnya. Dulu pertama kan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi, kalau Fakultas Teknik-nya kan di Bandung sekarang sudah jadi ITB, Fakultas Pertanian jadi IPB. Kemudian UI menjadi universitas, sejarah ini cukup membebani karena ada kesan multi fakultas bukan universitas. Makanya dalam pemilihan dekan ini rektor kelihatannya ingin ada kesan universitas bukan multifakultas. Ini pasti ada gesekan karena mengubah sejarah yang sekian lama. Ini juga yang bikin pemilihan dekan agak berbeda. Sekarang jadi ada pasang iklan supaya dari luar ada yang mendaftar tidak hanya dari dalam FEUI saja. Mungkin Rektor pengen FEUI lebih transparan. Hari ini kandidat masukan formulir, nanti jumat ada prakualifikasi dan sabtu ada presentasi
Sudah ditentukan berapa calon?
Hari ini yang masuk 8 orang. Nanti akan dipilih 3 terbaik. Dipilih oleh 11 orang, terdiri dari 9 internal FEUI.
Ada perubahan yang diharapkan di FEUI?
Ya tentu saja, salah satunya mengenai kewirausahaan. Kalau kita lihat, selama ini kewirausahaan di FEUI kebanyakan teorinya dan dianggap sebegai residual. Tidak dianggap dari awal hanya menjadi faktor pengikut. Itu cara pandang di jurusan ekonomi. Karena banyak orang bilang kalau mau jadi pengusaha tidak usah sekolah juga bisa. Padahal negara kita mengalami kendala karena struktur usahanya enggak bagus. Apalagi di saat krisis, banyak orang PHK. Sudah bisa menjadi solusi kalau penduduk Indonesia bisa berwirausaha. Tugas pemerintah sudah berat untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat. Seharusnya seperti di negara maju, peran Pemerintah tidak besar, komponen investasi swasta yang lebih banyak. Kalau di Indonesia komponen perekonomian nasional itu 60 persen dari konsumsi, bukan suatu tanda yang baik.
Seharusnya wirausaha yang tinggi?
Ya karena itu kan konsumsinya pasti akan tergerus komponen investasi yang tinggi, dan investasi yang tinggi itu digerakan oleh kewirausahaan. Kan biasanya rumus pertumbuhan ekonomi dari konsumsi ditambahin investasi ditambah pengeluaran pemerintah ditambah ekspor dikurangi impor. Memang negara kita senangnya mengkonsumsi, kurang mau berusaha. Karena capek dan repot. Kita enggak suka sebagai supplier tapi lebih sebagai intermediatornya karena cepat dan gampang. Kita memang bukan negara produsen. Kalau emang mau nyalahin penjajah, dulu orang pribumi dipetakan jadi dua yaitu pegawai negeri dan petani. Sebagai penggerak ekonomi disimpan bangsa Tionghoa, karena memang mereka lebih pintar disitu. Jadi kalau orang Indonesia masuk ke dalam lingkaran orang Tionghoa itu merasa enggak nyaman, ibaratnya kolam dia akan merasa asing karena bukan di dalam kolamnya. Itu masih dianggap kelas dua oleh bangsa kita. Kita baru bisa bangga jika sudah bekerja di orang lain. Ini diharapkan bisa berubah dari bangsa kita, kalau tidak sekarang kapan lagi. Makanya kami di UKM center melakukan bedah UKM setiap bulan dan beberapa lomba UKM.
Bagaimana kondisi UKM saat ini di Indonesia?
UKM itu yang bertahan yang memasok kebutuhan primer, yaitu makanan, minuman dan pakaian. Consumer goods. Kedua, dia yang tidak terlalu terekspose dalam kegiatan international. UKM kan lokalitasnya tinggi, jadi sebetulnya tidak terlalu terpengaruh krisis. Dari krisis tahun lalu pun tidak terlalu terpengaruh. Dia bakal terpengaruh kalau memiliki komponen impor yang cukup tinggi, misalnya tahu dan tempe kan komponen kedelainya masih impor. Dia bisa bertahan kalau banyak menggunakan komponen lokal.
Jadi yang bisa bertahan contohnya UKM sektor mana?
Yang pasti yang lokalitasnya tinggi. Sektor industri kreatif, sangat menjanjikan. Potensinya sangat luar biasa karena orang Indonesia tergolong kreatif. Cuma masih main di perencanaan dan ide, begitu masuk ke detail kita masih harus banyak belajar karena kan memang kewirausahaan itu menuntut sesuatu yang terus-menerus. Kita masih banyak manja di saat terjungkal tidak mau bangkit kembali. Padahal itu bisa membuat makin pintar.
Sektor UKM yang rentan terhadap krisis?
Selain tahu dan tempe tadi mungkin yang menggunakan bahan dasar terigu, seperti roti, karena terigu masih impor dan harga gandum sangat terpengaruh nilai tukar. Ada yang mulai beralih menggunakan tepung singkong pengganti terigu, salah satunya yang ikut lomba kami. Memang rasanya enak sekali, tapi dia tidak bisa bermain di skala yang lebih besar, karena komponen lain seperti mentega dan coklat masih impor juga. Kalau ada alternatif mungkin minyak kelapa atau minyak bunga matahari untuk mengganti mentega dia bisa menghemat. Saat ini saat yang paling baik untuk kita mencintai produk kita sendiri. Jangan terlalu melihat semua yang dari luar itu lebih bagus.
Tapi di Indonesia rata-rata pola pikirnya seperti itu?
Ya itu karena kita mental dijajahnya masih ada. Belanda sudah enggak ada, tapi di hati kita, mental dijajah itu masih ada. Contohnya, bintang film Indonesia saja banyak yang berbau bule kalau mau dibilang cantik kan.
Apa yang harus dilakukan sektor UKM di tengah krisis seperti sekarang ini?
Kalau UKM harus mengembangkan dengan tekun apa yang ada di bumi Indonesia. Karena banyak negara lain mengalami guncangan karena resource-nya enggak banyak. Sebenarnya kita masih disayang sama Tuhan dengan banyaknya sumber daya alam, tanpa melakukan ekspor pun sebenarnya perdagangan domestik bisa tetap jalan. Kondisi negara kita secara finansial masih belum berkembang, kita juga beruntung disitu karena masih mengandalkan sektor riil. Dan UKM sebenarnya tidak perlu risau, karena PHK banyaknya di pabrik besar. Karena UKM sifatnya kecil jadi bisa bertahan. Yang menarik di negara kita, UKM masih mengandalkan bank untuk pinjaman modal.
Tapi kalau tidak ada bank, suntikannya darimana?
Di negara kita ini masih belum begitu mengenal dengan konsep modal ventura. Ini kan bukan UKM meminjam, tapi dapat dari sebuah lembaga ventura yang seperti memiliki modal di UKM itu atau kepemilikan saham. Jadi mereka tumbuh bersama. Seperti Starbucks kan itu UKM dari Venture Capital, Microsoft juga meminjam uang bukan dari bank. Nah di Indonesia memang ada lembaga ventura tapi prakteknya masih seperti bank memberi pinjaman bukan penyertaan modal.
Itu dirasa lebih menguntungkan UKM?
Iya, karena selain berbagi hasil juga berbagi risiko. Tapi memang orang yang akan menyertakan modal pasti pilih-pilih. Kira-kira UKM ini akan mati atau hidup terus. Memang dibutuhkan monitoring yang ketat dan transparansi. Kembali ke kejujuran UKM tersebut dan harus ada penempatan orang ventura di dalamnya. Tapi juga lembaga ventura di Indonesia itu kekurangan orang karena saking banyaknya UKM yang diurus.
Kebijakan pemerintah untuk sektor UKM saat ini bagaimana?
Kami sedang melakukan penelitian untuk KUR, mungkin tanggal 9 April sudah ada kesimpulannya. Kesimpulan sementaranya, KUR ini konsepnya kredit dengan penjaminan. Ini berbeda dengan kredit usaha tani yang dulu. Kredit dengan penjaminan ini dinilai lebih baik secara konsep karena dibarengi oleh kehati-hatian bank. Kalau KUR kan keputusan di bank, kalau kredit usaha tani di kementerian, jadi ada moral hazzard. Kalau bank kan lebih hati-hati, secara konsep sudah bagus. Dalam pelaksanaannya kan dilibatkan enam bank, BRI, Mandiri, Mandiri Syariah, Bukopin, BNI dan BTN. Nah, dari enam itu yang memiliki armada terdepan dengan UKM hanya BRI. Disitulah kita melihat ada kendala, karena bank lain selain BRI ini kekurangan orang atau human resources di sektor UMK. Memang dana pihak ketiga besar, dan dipaksa pemerintah untuk menyalurkan ke UKM. Budaya lima bank itu juga belum terlalu kuat di retail, terutama Mandiri yang kuat di korporat. Ini kasihan juga ke UKM-nya, karena bank itu pasti menyalurkan lewat usaha kredit mikro seperti koperasi. Dengan begitu suku bunganya jadi lebih tinggi. Jadi rantai kegiatannya cukup panjang. Juga undang-undang UKM yang baru keluar kemarin itu belum jelas. Sampai hari ini derivasi dari undang-undang itu belum ada karena belum bisa, peraturan pemerintahnya belum ada. Antara UU yang lama dan yang baru berbeda jauh sekali, mungkin karena memperhitungkan inflasi dan lain sebagainya sehingga komponen di UU No 5 sebelumnya itu tidak cocok dengan yang baru. Jadi ada kebingungan.
Kira-kira dalam 5 tahun ke depan UKM Indonesia akan seperti apa?
Saya kira akan lebih maju ya. Pertama, sekarang keberpihakan pemerintah kepada UKM melalui kebijakan-kebijakannya di kredit usaha seperti cluster satu dan cluster dua. Cluster satu kan bantuan langsung tunai itu ya, cluster dua itu pemerintah sudah mulai mengharapkan monitoring pemakaian dana. Diharapkan penyaluran dana ke UKM lebih transparan jadi yang dapat dana itu benar-benar UKM. Sudah banyak kebijakan pro UKM dari pemerintah, juga menumpukkan harapannya kepada UKM. CSR perusahaan juga itu sekarang banyak ke UKM.
Ada tips untuk yang mau memulai UKM?
Yang jelas dari para pemenang lomba kami dan pengalaman saya sendiri, tips-nya itu ya jalani saja. Jadi artinya ada sesuatu yang sifatnya just do it. Jalani, begitu jatuh bangkit lagi. Justru kalau orang kebanyakan teori malah justru takut duluan. Terlalu banyak pertimbangan, akhirnya malah enggak mulai melangkah. Itu pertama, yang kedua adalah begitu kita terjun semakin dalam maka semakin banyak risiko. Dengan banyaknya risiko, pendidikan itu menjadi semakin perlu. Kalau kita lihat orang bisa sukses tanpa pendidikan berarti orang itu jenius dalm hal itu. Nah, orang jenius di dunia kan cuma beberapa, sisanya orang rata-rata. Orang rata-rata inilah yang memerlukan pendidikan. Bagaimanapun juga kita membutuhkan logika berpikir. Kemudian, perlu juga komunitas untuk sharing. Saya menganjurkan sekali bagi mereka yang berwirausaha untuk membentuk komunitas, karena begini, kami sering menerima UKM yang kena musibah, apa itu ketipu lah atau bangkrut lah. Mereka itu sangat menderita sekali, ketika bertemu dengan kita jadi bisa sharing dan mengetahui letak kesalahannya. Komunitas ini bisa memberikan semacam advise kepadanya sehingga dia yang tadinya enggak kepikiran jadi bisa dilakukan. Dan dalam komunitas itu mereka bisa belajar dari mereka yang berhasil. Komunitas itu juga bisa berupa asosiasi sehingga menjadikan UKM lebih kuat. Selama ini ada beberapa UKM yang hancur, seperti baru bisa ekspor lalu ditipu negara lain, itu bisa ditanggulangi dengan adanya asosiasi. Asosiasi juga bisa berkomunikasi dengan Departemen Perdagangan, atau bahkan Departemen Luar Negeri supaya mendapat lebih banyak informasi.
Bisa ceritakan sedikit background pendidikan?
Saya tamat ITB tahun 1982, arsitektur. Masuknya tahun 1976. Tahun 1982 langsung masuk University of Iowa, kebetulan menikah dengan suami saya dia langsung sekolah ke Amerika jadi saya ikut. Beasiswanya saya dapat di sana karena kebetulan nilai saya bagus di awal. Dulu saya ambil jurusan Urban Regional Planning. Disana saya punya anak pertama, di tengah jalan anak saya baru 1 tahun saya sudah hamil lagi, jadi saya pikir enggak bakal selesai cepat. Di situlah saya pindah major ke geografi, saya selesai tahun 1986. Tahun berikutnya kembali ke Indonesia dan gabung dengan LPEM FEUI. Saya mulai mengajar di FEUI secara enggak sengaja. Saya kan bekerja sebagai peneliti di sana dan penelitian saya dilirik oleh ketua jurusan sehingga akhirnya dipaksa untuk mengajar, padahal saya tidak punya background ekonomi. Lalu saya mulai belajar sendiri, baca buku dan segala macam, sampai akhirnya malah bikin buku sendiri. Bisa dibilang mulai aktif mengajar sekitar tahun 1994 sampai sekarang. Pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan bisnis merupakan suatu kebutuhan pelaku usaha dewasa ini. Manfaat teknologi informasi tak hanya sebatas mempercepat proses kerja di dunia usaha, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas usaha. UKM sangat penting untuk mendapat perhatian pemerintah, sebab terbukti tak terpengaruh dengan adanya krisis global. Malah, UKM bisa menjadi tumpuan harapan untuk keluar dari krisis. Atas dasar itulah, Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) bekerjasama Pemerintah Kota Bogor mengacu semangat pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar memanfaatkan teknologi informasi. Kemarin, Deperindag dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub-kominfo) melaksanakan seminar sehari dengan mengangkat tema’ Peran IT (Information Teknologi) menunjang sukses wirausaha’. Seminar tersebut dihadiri sedikitnya 100 pelaku UKM di Kota Bogor. “Pemanfatan teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kebutuhan bisnis skala kecil, menengah, maupun besar. Karena itu, jangan sampai pelaku UKM di Kota Bogor ketinggalan zaman. Jika hal itu terjadi, maka pasti kalah bersaing dengan pelaku bisnis di daerah lain, bahkan yang dijalani saat ini terancam tidak tumbuh berkembang,” ujar Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Eddy S Warsa saat membacakan sambutan Walikota Bogor, kemarin. Eddy menambahkan, pemkot sudah mulai menerapkan pemanfaatan teknologi informasi untuk pengadaan barang dan jasa melalui program e-Procurement (e-Proc). Karena itu, wirausaha juga perlu menerapkannya. Pemkot mensyaratkan perusahaan – perusahaan yang akan menjadi rekanan untuk mengikuti lelang proyek melalui internet,” tegas Eddy. Sementara itu Dirjen Telematika Deperindag, Ramon Bangun mengatakan, peran informasi teknologi sangat penting dalam menunjang kegiatan bisnis. “Makanya, kita menggiring masyarakat utamanya pelaku usaha untuk aktif memanfaatkan IT agar tidak ketinggalan,” ujar Ramon. Menurutnya, transaksi online sudah sangat tren dewasa ini dan merupakan pangsa pasar yang menjanjikan. “Diharapkan melalui pelatihan seperti ini, pelaku UKM termotivasi untuk memanfaatkan informasi teknologi dalam menjalankan usahanya,” tandas Ramon. Pelaku Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Kabupaten Bener Meriah membutuhkan sentra pasar tradisional untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik serta persaingan pasar yang sehat. Hal itu, sebagai jawaban atas persoalan, yang dihadapi kalangan pelaku UKM selama ini, khususnya dalam perdagangan sayur mayur. ” Saya kira ini solusi yang baik untuk menjawab persoalan yang dihadapi kalangan pelaku UKM selama ini, apalagi di Bener Meriah 80 persen masyarakatnya adalah petani dan selin kopi, masyarakat juga menghasilkan sayur-mayur yang banyak dikirim keluar daerah ,” kata ketua Forum Daerah (Forda) Usaha Kecil Menengah (UKM) Bener Meriah, Tengku Harun, pagi ini. Dalam empat tahun terakhir, katanya, sejak kabupaten Bener Meriah berdiri, banyak konsumen mengeluhkan perbedaan harga holtikultura antar pedagang. Dicontohkan, harga tomat di kampung Buntul, kecamatan Permata tidak sama, dengan harga tomat di Pondok Baru, kecamatan Bandar Bener Meriah. Padahal jarak kedua tempat itu tidak terlalu jauh. ”Tanpa adanya pusat pasar tempat penumpukan sayur, akan terjadi over produksi di satu dan tempat berbeda, yang mengakibatkan harga menurun karena harga tak terpantau. Muara dari ini semua, petani dan pedagang sama-sama rugi, serta minat konsumen menurun, padahal sebagian besar sayur-sayur di Bener Meriah dikirim keluar daerah ” katanya. Sementara, pedagang sayur mayur Ardiansyah, meminta agar pemerintah segera merealisasikan sentra pasar tradisional dimaksud. ”Pemerintah perlu segera merumuskan aturan ini dan segera menentukan lokasi yang pas, tanpa adanya pusat pasar dan pengaturan harga, maka selamanya pula petani dan penjual sayur-mayur tetap rugi ” tandasnya.
Sumber: Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar