Beranda

Selasa, 22 November 2011

Lele MASAMO. .Jenis Lele Terbaru!!

Kali ini informer mencoba membahas tentang dunia perikanan [lagi]. Yups. .karena Adin (Admin Informersejati) memang basisnya mahasiswa perikanan, ya jangan heran kalo informersejati bakal sering ngeshare tentang dunia perikanan. .hehe. Ditambah lagi si Adin lagi demen-demennya mendalami usaha lele. Bagi temen-temen yang udah kenal Adin pasti tahu donk usahanya apaan. Tapi tenang, informer juga bakal terus update tentang dunia teknologi, kesehatan, tips tentang kehidupan, bisnis dan lain-lain deh sesuai tag line "Informasi Bebas Tanpa Batas". .haha. .Ini buat menuhin tuntutan para Viewer yang haus akan informasi.

Oke kembali ke Le. .Le. .!!
Apa sih lele Masamo itu? Bagi orang awam pasti lele jenis ini masih terdengar asing. Orang-orang saat ini kebanyakan cuma mengenal jenis lele sangkuriang, dumbo, phyton, dll. Dan mengira jenis yang paling bagus adalah Sangkuriang. Tapi menurut Adin (Admin Informersejati) belum tentu bro semua lele jenis sangkuriang itu bagus. Berdasarkan pengalaman Adin bagus tidaknya lele juga dipengaruhi faktor lingkungan, perawatan, dan pakan. Kalau semua hal tersebut kurang diperhatikan dengan baik hasilnya bakal sama aja bro kayak strain lele lain yang kualitasnya rendah. Malahan kadang pertumbuhannya juga lambat dan ukurannya juga tidak Gendut (Kayaknya Gak asing deh sama kata ini, hihi). Dan tidak dipungkiri sekarang ini strain sangkuriang sudah mulai dirasakan mengalami kemunduran mutu. Kasus ini juga pernah terjadi terhadap lele dumbo yang beberapa tahu lalu yang sempat Booming dan lama-lama tenggelam oleh ketenaran sangkuriang. Nah, Karena semakin menurunnya kualitas dari lele sangkuriang saat ini maka Salah satu perusahaan pakan ternama di Jawa Timur mencoba meneliti tentang Jenis lele baru yang berasal dari Afrika.
Lele ini bernama MaSaMo singkatan dari Matahari Sakti Mojokerto. Kenapa diberi nama begitu? simpel aja bro, Karena perusahaan yang melakukan penelitian tentang lele jenis ini adalah PT. Matahari Sakti dan penelitian dilakukan di Mojokerto. Lele ini disinyalir memiliki masa panen yang cukup cepat yaitu 1 bulan. Dibanding jenis lele yang ada saat ini rata-rata masa panennya 3 bulan, tentu jenis lele masamo lebih menguntungkan jika dibudidayakan. Dan kelebihan lain dari lele masamo adalah tahan stress, kebal penyakit, dan efisien pakan. Wow. .kelihatanya bagus bukan. Bagi pembudidaya lele pasti bakal langsung tertarik nih. Tapi tunggu dulu. .ternyata eh ternyata lele masamo ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan untuk lebih mendapatkan formula yang tepat dan pas guna hasil yang optimal. Gak tanggung-tanggung penelitian yang dilakukan ternyata sudah 3 tahun, yaitu sejak tahun 2008. Dan kini yang bisa mendapatkan benih ikan lele ini hanya pembudidaya-pembudidaya tertentu yang juga ikut berperan dalam penelitian ikan lele Masamo ini. Hmm. . .yang lain musti sabar ya. hehe
Kita tunggu saja apakah lele Masamo ini bisa menjadi tren di Indonesia dan mengalahkan ketenaran sangkuriang. Bener gak Bro?

Eh iya, kalo Brother2 n Sister2 pengen liat penampakannya silahkan aja nih mampir ke sumbernya di Sini.

Oke. .itulah sekilas informasi yang dapat Adin infokan ke Ente semua (kumat lagi nih arabnya)

Semoga bermanfaat ya. . .^_^




Original post: Informersejati

3 komentar: