Beranda

Senin, 12 Desember 2011

Siemens Bikin Motor Listrik

img
Bila mendengar nama Siemens setiap orang pasti akan langsung ingat itu sebagai sebuah merek ponsel. Namun bila melihat motor yang satu ini, Anda pasti akan kaget. Sebab ini adalah Siemens eChopper, sebuah motor listrik buatan Siemens yang mampu berlari hingga 160 km/jam.


Berbalur warna putih yang membuat motor bermodel chooper ini tampak futuristik. Namun, meski ini adalah sebuah motor listrik, Siemens membuatkan sedikit suara untuk motor ini agar para pejalan kaki mendengar ketika motor ini lewat, selain itu, ada pula asap yang diciptakan secara elektrik.

Menurut Kepala Komunitas Siemens Afrika Selatan, Jose Machado, hanya ada dua sepeda motor ini di dunia. Satu di Amerika Serikat, satu lagi dipamerkan di paviliun Siemens di Durban pada 17th Conference of the Parties (Cop17) to the United Nations Framework Convention on Climate Change.

"(Motor) listrik tidak berarti 'jinak'," ujar Machado seperti detikOto kutip dari iol, Senin (12/12/2011).

Untuk membuat motor memiliki berat 399 kg ini, Siemens bekerja sama dengan produsen motor Orange County Choppers di California, meski Siemens mengatakan belum akan masuk ke bisnis roda dua.

"Kami melakukan ini hanya untuk meningkatkan kesadaran akan kendaraan listrik, dan menunjukkan bahwa kendaraan listrik tidak tidak harus menjadi kotak kecil," katanya.

Tubuh motor ini dibangun dengan banyak bahan daur ulang yang kemudian diberikan motor listrik berkekuatan 20 kW. Motor ini mampu berjalan hingga 120 km hanya sebelum baterainya diisi ulang kembali. Transmisinya hanya menggunakan single speed.

Selain eChopper, pad akesemptaan yang sama Siemens juga menampilkan mobil sport listrik eRuf Roadster. Mobil ini pada dasarnya adalah Porsche 997 Carrera yang mesinnya sudah diganti dengan motor listrik 180 kW. Mobil ini berhasil menarik perhatian Presiden Jacob Zuma.









Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar