Beranda

Senin, 21 November 2011

Cara Atasi Insomnia

Mengacaukan kinerja otak, mengganggu jam tidur Anda, dan kemudian mengacaukan segala pekerjaan Anda di esok hari. Insomnia nampaknya sudah menjadi momok bagi para pengidapnya. Apalagi bagi mereka yang sudah dalam tingkat akut, selain susah tidur insomnia juga bisa membuat seseorang nekat bunuh diri akibat terlalu stres menghadapi insomnia yang tidak kunjung sembuh. Lalu, adakah solusi untuk penyakit ini? 


Perlu diketahui, insomnia muncul akibat dari beban pikiran otak kita yang terlalu berat sehingga kita terlalu bersugesti dan tidak bisa tidur. Insomnia bukanlah penyakit berbahaya yang tidak bisa disembuhkan. Jadi, jangan panik dulu, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia. 

1.Olahraga Teratur 
Memang terkadang kita terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga terlalu malas untuk melakukan olahraga. Jangan malas, kita tidak perlu setiap hari olahraga kok, asalkan teratur dan rutin. Bisa seminggu sekali, atau seminggu 2x. Dengan olahraga yang teratur, selain bisa membuat otak lebih fresh, aliran darah Anda juga menjadi lebih teratur. 

2.Jangan Makan & Minum Terlalu Banyak Sebelum Tidur. 
Mungkin banyak dari Anda yang melakukan rutinitas makan sebelum berangkat tidur. Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur karena hal itu bisa membuat perut Anda menjadi tidak nyaman sehingga menggangu konsentrasi tidur Anda. Minum terlalu banyak sebelum tidur juga tidak boleh, karena hal itu dapat membuat Anda ingin buang air kecil saat tidur dan akan memperbesar resiko terjangkit radang paru-paru. 

3.Konsumsi Makanan & Minuman yang Bisa Membuat Anda Tidur 
Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Salah satu diantaranya adalah Madu. Cobalah Anda minum satu sedok makan madu sebelum tidur, dijamin Anda akan tidur dengan nyenyak dan bangun lebih segar. Meminum Susu hangat juga konon bisa membuat Anda lebih nyenyak saat tidur. 

4.Hindari Rokok Dan Kafein Berlebih 
Nikotin dan Kafein, dua zat ini berbahaya untuk tubuh. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok bisa membuat sistem pernafasan dan kinerja otak Anda terganggu, aliran darah pun menjadi tidak lancar, hal ini berpotensi menggangu tidur Anda. Kafein juga sama, zat yang satu ini telah kita ketahui bersama efeknya. Yang pasti, jangan mengkonsumsi 2 zat ini jika ingin tidur Anda nyaman. 

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi insomnia atau susah tidur. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kinerja Anda. 


Sumber: JobsDB.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar