Beranda

Senin, 28 November 2011

Makanan Yang Bagus Untuk Kombinasi Diet

img
Pengetahuan mengenai bahan makanan yang sehat dapat menunjang untuk merencanakan diet sehat sehari-hari. Diet sehat tidak hanya untuk menjaga berat badan, namun juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Bahan makanan yang sehat setidaknya memenuhi kriteria ini.


Keempat kriteria bahan makanan sehat adalah:

1. Merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya
2. Tinggi fitonutrien dan senyawa antioksidan, seperti vitamin A dan E, serta beta karoten
3. Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya
4. Rendah kalori

Berbagai bahan makanan sehat yang mudah untuk disertakan dalam berbagai makanan untuk memenuhi diet sehat sehari-hari seperti dikutip dari Mayoclinic, Senin (28/11/2011) antara lain:

1. Kacang almond
Kacang almond mengandung beberapa nutrisi, antara lain serat, riboflavin, magnesium, zat besi, dan kalsium. Bahkan, satu porsi, yaitu sekitar 7 almond memiliki lebih banyak kalsium daripada kacang lainnya.

Satu porsi juga menyediakan 15 persen dari Recommended Dietary Allowance (RDA) dari vitamin E. Seperti semua kacang-kacangan, almond menyediakan protein nabati, sehingga tidak perlu makan daging dengan jumlah yang banyak.

Kacang almond juga baik bagi kesehatan jantung. Sebagian besar lemak dalam almond adalah lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak tersebut merupakan suatu jenis lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Apel
Apel adalah sumber yang baik dari pektin. Pektin merupakan serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C.

Vitamin C merupakan sebuah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga pembuluh darah kapiler, dan membantu dalam penyerapan zat besi.

3. Blueberry
Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa blueberry sarat dengan senyawa fitonutrien yang dapat membantu mencegah penyakit kronis. Blueberry juga dapat meningkatkan memori jangka pendek.

Blueberry merupakan sumber kalori rendah, serat, dan vitamin C. Sekitar tigaperempat cangkir blueberry segar memiliki 2,7 gram serat dan 11 mg vitamin C.

4. Brokoli
Selain menjadi sumber yang baik untuk folat, brokoli mengandung fitonutrien. Fitonutrien merupakan sekelompok senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Brokoli juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Selain itu juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A yang terkait untuk memelihara kesehatan mata.

5. Kacang merah
Kacang merah merupakan sumber zat besi, fosfor, dan kalium. Kacang merah juga merupakan sumber rendah lemak yang sangat baik dari protein dan serat. Kacang merah juga mengandung fitonutrien.

6. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan suatu jenis lemak yang mengurangi pembentukan bekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Asam lemak omega 3 juga dapat melindungi terhadap detak jantung yang tidak teratur yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak, dan juga membantu menurunkan kadar trigliserida, menurunkan pertumbuhan plak yang dapat menyumbat arteri, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

Selain mengandung omega 3, salmon rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta merupakan sumber protein yang baik.

7. Bayam
Bayam mengandung vitamin A dan C, serta folat. Bayam juga merupakan sumber magnesium. Senyawa dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Dalam bayam ditemukan karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan tersebut melindungi dari gangguan penglihatan yang terkait dengan usia, seperti degenerasi makula dan kebutaan malam, serta penyakit jantung, dan kanker tertentu.

8. Ubi jalar
Warna oranye kuning tua dari ubi jalar menunjukkan kandungan tinggi antioksidan beta karoten. Ubi jalar dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa kanker.

Selain menjadi sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C, ubi jalar juga merupakan sumber serat, vitamin B 6, dan kalium. Ubi jalar juga bebas lemak dan relatif rendah kalori.

9. Jus sayuran
Jus sayuran memiliki sebagian besar vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Jus tomat dan sayuran mengandung lycopene, yang merupakan sebuah antioksidan yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker prostat, dan mungkin jenis kanker lainnya.

Beberapa sayuran dan jus tomat sangat tinggi natrium, jadi pastikan untuk memilih jenis dengan kandungan natrium rendah.

10. Gandum
Gandum adalah sumber yang sangat baik dari thiamin, folat, fosfor, magnesium, dan seng. Gandum juga mengandung protein, serat, dan lemak. Kesepuluh jenis bahan makanan diatas dapat disajikan secara bersama-sama.

Salah satu contoh dari menu makanan yang sehat dapat mencakup 3 jenis dari kesepuluh jenis bahan makanan diatas.




Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar