Beranda

Senin, 21 November 2011

Tips Menentukan Tujuan Hidup


Menemukan Tujuan Hidup Anda
Apakah Anda tahu tujuan hidup Anda? Apakah sudah jelas?Apakah sudah Anda penuhi?
Atau apakah Anda salah satu dari banyak orang yang telah menghabiskan Andaseluruh hidup (sampai sekarang) merasa gelisah, bingung, hanya menjalani rutinitas yang monoton dari hari ke hari - dan tanpa pernah merasa yakin tentang tujuan hidup Anda?

Sebagian ada yang sudah bagus mengutip ayat Alqur’an bahwa kita hidup untuk beribadah. Maksudnya Ibadah itu gimana? Kalo ibaratnya Rasul yang mulia berkata surga bisa dimasuki oleh banyak pintu. Masalahnya, kita mau masuk lewat pintu apa? apa derivat dari Ibadah itu yang bisa jadi andalan kita untuk masuk surga?
Berikut adalah sepuluh petunjuk yang akan membantu Anda untukmenemukan tujuan hidup Anda.  Silakan setelah membaca satu poin, Anda mengerjakannya juga
Petunjuk No 1: Apa yang Anda sukai? Yaitu ketika Anda memiliki waktu luang,dengan apa Anda ingin menghabiskannya?

Petunjuk No 2: Apa bagian pekerjaan Anda sekarang atau kegiatan apakah yang Anda benar-benar nikmati?
Petunjuk No 3: Apa yang Anda lakukan dengan baik secara alami?
Daerah di mana Anda unggul secara alami merupakan indikator tujuan hidup Anda - terutama jika Anda juga menikmati hal-hal yang Anda lakukan dengan baik.
Petunjuk No 4: Apa yang Anda sepuluh kesuksesan terbesar untuk yang pernah Anda raih di dunia?
Tidak perlu prestasi juara 1, 2 dst. tapi yang sederhana saja, misalkan Anda berhasil hidup mandiri saat kuliah, atau berhasil lulus dalam 4 tahun.

Petunjuk No 5: Apakah ada penyebab mana Anda merasa bergairah?
Ada penyebab alami dalam setiap seorang dimana ia merasa bergairah/semangat melakukan sesuatu.

Petunjuk No 6: Apa sepuluh pelajaran yang paling penting telah Anda pelajari dalam hidup ?!
Dikatakan bahwa kita mengajarkan bahwa yang kita paling perlu belajar. Apa yang Anda rasakan adalah yang paling berharga atau hal penting yang telah Anda pelajari melalui kehidupan Anda pengalaman sejauh ini? (Tidak perlu berhubungan dengan pekerjaan.)
Petunjuk No 7: Apakah ada masalah-masalah telah terjadi berulang kali? Mengapa hal itu bisa terjadi?
Petunjuk No 8: Apakah impian di siang bolong anda ?!
Pikiran kita menyerupai gunung es: pikiran sadar sepuluh persen dari gunung es di atas air yang kitadapat dengan mudah melihat, tetapi bawah sadar adalah sembilan puluh persen yang terletak di bawah terendam air.
Jika ada angan-angan yang belum terlaksana, siapa tahu disana ada potensi anda yang terpendam.
Petunjuk No 9: Bayangkan Anda menulis tulisan di batu nisan Anda. Apa hal-hal yang Anda inginkan untuk diingat untuk pada akhir hidup Anda?

Petunjuk No 10: Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tahu Anda tidak bisagagal?
Tips-tips di atas itu kemudian dapat disaring ke dalam sebuah ‘esensi,’ apa sesungguhnya Tujuan hidup Anda.  Namun, setelah ini yang penting adalah tindakan untuk mewujudkannya ^^
——————————Menerapkan Tujuan Hidup Anda——————————
Sekarang bahwa Anda telah mulai menemukan tujuan hidup Anda,langkah berikutnya adalah untuk menerapkannya dalam hidup Andasehari-hari. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukan ini.
1. Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tujuan hidup Anda hal pertama di pagi hari. Ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan apa yang penting bagi Anda sebelum gangguan lainnya.
2. Setiap kali Anda telah membuat keputusan, pilihlah pilihan yang paling dekat dengan tujuan hidup Anda
3. Bersedia untuk berubah. Untuk memenuhi tujuan hidup Anda, Anda harus bersedia untuk mengubah diri kemana tujuan Anda berada
ada quote menarik dari Henry Ford
“Whether you think you can or you think you can’t, that’s right!"

Sumber: sosbud.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar